Sunday, November 24, 2013

Hikmah Al Qur’an (Ceritaku)


Hikmah Al Qur’an
Krik-krik suara jangkrik di luar merasuk kedalam telingaku. Udara pagi yang sejuk nan bersih dari kotoran debu. Kumerlihat dari jendela suasana masih remang-remang untuk di pandang. Namun udara pagi menyambutku dengan kesejukannya yang menandakan cuaca cerah. Di dalam kamar tidurku setelah shalat subuh, kumenikmati hari ini sambil membaca Al Qur’an. Satu ruku selesai dari ayat 22-31, aku langsung menterjemahkan dari tiap-tiap ayat-ayat yang telah Aku baca tadi. Setelah Aku baca semua Aku terpaku pada ayat ke 23 dan 24 surat Al-Kahfi, yang artinya:

Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: "Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi. kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah"[879]. Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini." (QS Al kahfi 23-24).

[879]. Menurut riwayat, ada beberapa orang Quraisy bertanya kepada Nabi Muhammad s.a.w. tentang roh, kisah ashhabul kahfi (penghuni gua) dan kisah Dzulqarnain lalu beliau menjawab, datanglah besok pagi kepadaku agar aku ceritakan. Dan beliau tidak mengucapkan Insya Allah (artinya jika Allah menghendaki). Tapi kiranya sampai besok harinya wahyu terlambat datang untuk menceritakan hal-hal tersebut dan Nabi tidak dapat menjawabnya. Maka turunlah ayat 233-24 di atas, sebagai pelajaran kepada Nabi; Allah mengingatkan pula bilamana Nabi lupa menyebut Insya Allah haruslah segera menyebutkannya kemudian.
Subhanalloh begitu luar biasa nan indah ayat ini. Ayat ini membuka pengetahuan baru untukku. Selain pengetahuan semoga imanku juga bertamah. Maha Suci Engkau ya Allah yang selalu memberiku karunia yang besar berupa akal, karena dengan akal inilah aku bias menerima kebenaran-Mu. Dalam ayat itu Aku diajarkan agar setiap ada perjanjian dengan seseorang harus menyebut nama Allah sebagai saksi. Dengan begitu Allah akan memberi waktu untuk bertemu dengannya. Selama hidupku ini, Aku baru mengetahuinya. Maklum, baru kali ini juga Aku membacanya. Hehee:-D
Sungguh luar biasa Al Qur’an itu. Kitab yang turun dari Tuhan Yang Maha Mulia, yang memiliki ilmu yang Maha Luas, milik_Nyalah semua kebenaran. Yang diturunkan melalui orang yang terpuji lagi mulia, Muhammad Saw. dengan penuh hikmah. Alhamdulilah Aku mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat untuku, semoga Aku bisa mengamalkannya. Insya Allah.

Ya Rob, Ampunilah dosa-dosaku, sesengguhnya Engkau Maha Pengampun Dan berilah kekuatan serta petunjuk, seseungguhnya Engkau sebaik-baik pemberi petunjuk.” Amien…

2 comments:

Anonymous said...

Sungguh dahsyat hikmah yang dapat kita ambil dari Alquran ya Mas...

Terima kasih telah berbagi manfaat.

Mohammad Mahfuzd said...

y pPak Yoko, sama-sama.
maaf baru bisa bales, baru sempet. hehehee