Wednesday, December 19, 2012

Ceritaku



MATERI RAMADHAN
1432 H

Pengisi materi ke I: Pak Agus Triawan S.pd
     
Senin, 8 Agustus 2012. Guruku Pak Agus memberikan materi tentang jama’ dan qosor. Beliau menyampaikan dengan penuh semangat. Beliau yang mempunyai ciri khas, yaitu selalu membaca kalimat Subhanalloh. Hehehe. J Berikut materi yang disampaikan beliau.

JAMA’ DAN QOSOR
Ø Pengertian jama’ : penggabungan.
Ø Qosor : meringkas.
Sebelum menjelaskan lebih lanjut beliau menerangkan tentang perbedaan antara orang mu’min dengan orang bukan mu’min. Beliau mengatakan
“Pembeda orang mu’min dengan orang kafir adalah shalatnya.
“Oh… itu yang membedakannya.” Gumamku dalam hati.
“Memang shalat adalah tiang agama. Di mana ketika dalam perhisaban shalat-lah yang ditanyakan terlebih dahulu. Subhanalloh.” Kata Pak Agus. Kemudia beliau meneruskan materinya kembali.
Ø Syarat-syarat sholat
-Suci                -Ialam
-Baligh              -Sudah masuk waktu shalat
-Berakal            -Menghadap kiblat
Ø Kita boleh menjama’ dan qosor ketika falam keadaan
-Pepergian jauh yang lebih dari 100 km.
-Ketika akan perang.
      
Pengisi materi ke II : Ibu Ratna Jeki. S.pd

Beliau bisa di panggil Bu Jeki. Guruku yang ini juga memiliki ciri khas sendiri. Beliau orangnya tegas, dan seperti detektif. HeheheeJ. Cara mengajarnya penuh semangat dan mengasikan. Ciri khas lainnya beliau juga suka debat loh. Hebatkan , hehee. Inilah materi yang di sampaikan beliau.

Kekuatan yang Menguatkan dalam Diri Kita
Ø Aqidah islamiah
-Ssecara bahasa adalah brasal dari kata “Aqodo” yang artinya membuat simpul, mengikat, transaksi, memperkuat, apa yang diyakini, dan menentramkan hati. (Kamus Muhith, Fairus, Abade, akar kata “Aqoda”)
-Secara Istilah adalah pemikiran menyeluruh tenteng alam, manusia, dan kehidupan, apa yang ada sebelum dan sesudah kehidupan dunia, dengan
kehidupan sebelum dan sesudah.
Ø Sumber aqidah Islami
-Al Qur’an
-As Sunah
Ø Kata mutiara
-Paling dekat adalah kematian.
-paling berat adalah amanah
***
Inilah materi yang disampaikan oleh Pak Agus dan Ibu Ratna Jeki, walau sedikit, namun bagiku sangat bermanfaat. Aku juga semakin lebih tahu tentang shalat Jama’, Qosor dan akidah islamiah sebagai penguat hati. Terima kasih banyak untuk Pak Agus dan Bu Jeki, semoga Allah membalas kebaikan beliau dalam membagi ilmu Allah. Tidak lupa rasa terima kasihku kepada Allah, dengan rahmat-Nya aku mendapatkan ilmu yang bermanfaaat ini. Insya Allah
“Ya Robku, berikanlah rahmat kasih sayangmu dan pahala besar untuk guru-guruku yang telah mengenalkan Engkau dan ilmu Engkau kepadaku. Amien ya Robal’alamin..”

No comments: