Tuesday, December 11, 2012

cerpen



Ilmu dalam Al Qur'an
Krik-krik suara jangkrik di luar merasuk kedalam telingaku. Di pagi yang sejuk, terlihat masih remang-remang untuk di pandang. Namun udara pagi menyambutku dengan kesejukannya yang menandakan cuaca cerah. Di dalam kamar tidurku setelah shalat subuh, ku menikmati hari ini sambil membaca Al Quran. Satu ruku selesai dari ayat 22-31, aku langsung menterjemahkan dari tiap-tiap ayat-ayat yang telah Aku baca tadi. Setelah ku baca semua Aku terpaku pada ayat ke 23 dan 24 yang artinya.

Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: "Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi. kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah"[879]. Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini."

[879]. Menurut riwayat, ada beberapa orang Quraisy bertanya kepada Nabi Muhammad s.a.w. tentang roh, kisah ashhabul kahfi (penghuni gua) dan kisah Dzulqarnain lalu beliau menjawab, datanglah besok pagi kepadaku agar aku ceritakan. Dan beliau tidak mengucapkan Insya Allah (artinya jika Allah menghendaki). Tapi kiranya sampai besok harinya wahyu terlambat datang untuk menceritakan hal-hal tersebut dan Nabi tidak dapat menjawabnya. Maka turunlah ayat 233-24 di atas, sebagai pelajaran kepada Nabi; Allah mengingatkan pula bilamana Nabi lupa menyebut Insya Allah haruslah segera menyebutkannya kemudian.
Subhanalloh luar biasa ayat ini. Ayat ini membuka pengetahuan baru untukku. Selain pengetahuan semoga imanku juga bertamah. Maha Suci Engkau ya Allah yang selalu memberiku karunia yang besar berupa ilmu. Dalam ayat itu Aku di ajarkan agar setiap ada perjanjian dengan seseorang harus menyebut nama Allah sebagai saksi. Dengan begitu Allah akan member waktu untuk bertemu dengannya. Selama hidupku ini aku baru mengetahuinya. Sungguh luar biasa Al Quran itu. Alhamdulilah aku mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat untuku, semoga Aku bisa mengamalkannya. Baik ku amalkan untukku maupun orang lain. Insya Allah.

Ya Rob, Ampunilah dosa-dosaku, sesengguhnya Engkau Maha Pengampun. Amien

No comments: